Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Rabu, 20 Juli 2016

Terendam Air Hujan, Petani Tembakau Rugi Belasan Juta

Rabu, 20 Juli 2016 20:00:03 Terendam Air Hujan, Petani Tembakau Rugi Belasan Juta
Reporter: Muhamad Fatoni

blokBojonegoro.com - Petani tembakau di Kabupaten Bojonegoro merasa resah akhir-akhir ini. Mereka merugi belasan juta akibat tanaman milinya rusak dan mati tergenang air hujan.

Seperti diungkapkan petani tembakau Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari, Warji. Dia mengaku rugi belasan juta rupiah. Puluhan ribu tanaman tembakau miliknya rusak, busuk, dan mati akibat tanah di sekelilingnya tergenang air hujan.

Tanaman tersebut ditanamnya di lahan seluas 4 hektare (ha) dengan populasi 36.000 tembakau jawa dan 50.000 tembakau pabrikan.

"Rugi lebih dari Rp17 juta," ungkapnya kepada Reporter blokBojonegoro.com, Rabu (20/7/2016).

Kerugian tersebut dihitungnya mulai dari sewa lahan pertanian, pembelian bibit tanaman tembakau, pemupukan, serta tenaga manusia.

Kini, Warji telah menanam tembakau untuk kedua kalinya dengan populasi tanam sama seperti awal penanaman. Tanaman itu saat ini baru berumur dua minggu. Terkait kondisi tanam kedua, kata Warji cukup bagus. Asalkan curah hujan tidak terlalu tinggi.

"Tanaman tembakau sangat rentan air hujan," tuturnya. Dia berharap, tanam kedua itu membuahkan hasil.

Hal yang sama juga diungkapkan petani tembakau lainnya, Ginatrap. Dia juga mengaku rugi jutaan rupiah pada awal tanam tembakau kemarau ini. Bahkan, lahan seluas 3.000 meter persegi (m2) yang sebelumnya ditanami tembakau, kini dibiarkan terbengkalai.

"Mau tanam lagi khawatir mati lagi, soalnya cuacanya tak menentu," ucap Ginatrap.

Kerugian ini tidak hanya dialami petani tembakau di wilayah Kecamatan Purwosari saja. Namun, juga di semua petani tembakau di Kota Ledre. [oni/lis]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar