Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Rabu, 07 September 2016

Presiden RI dan Walikota Barcelona Direncanakan Hadir

Rabu, 07 September 2016 15:00:00 Presiden RI dan Walikota Barcelona Direncanakan Hadir
Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Selain Kabupaten Bojoengoro dikenal dengan daerah penghasil minyak dan gas (Migas), Kota Ledre juga banyak dilirik tokoh Nasional maupun Internasional. Rencananya, saat festival HAM yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada 30 Nopember sampai 2 Desember 2016 mendatang, Presiden RI Joko Widodo dan Walikota Barcelona, Spanyol akan datang ke Bojonegoro.

Cahyo Suryanto dari Pusdakota menjelaskan, direncanakan Narasumber di ajang ini nantinya adalah pembicara-pembicara di tingkat Nasional dan Internasional. "Setidaknya ada 15 Bupati dan pimpinan daerah akan hadir memeriahkan festival HAM. Selain itu orang nomer satu di negeri ini dijadwalkan akan membuka acara tersebut," jelasnya saat rapat lanjutan di Ruang Jamuan Rumah Dinas Bupati, Rabu (7/9/2016) pagi tadi.

Dalam festival tersebut, lanjut Cahyo, untuk pameran nantinya akan menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan konsep lokal yakni sila pertama tentang FKUB. Berikutnya sila kedua Sagasih, smartschool dan Ebaga.

Sedangkan sila ketiga tentang pendidikan inklusif, grebeg berkah dan komunitas desa kalong. Serta sila keempat tentang GDSC dan dialog publik. Terakhir, sila kelima tentang UUP, dana abadi migas dan perda konten lokal.

"di Indonesia hanya ada dua yang memiliki Perda Ramah HAM yakni Kabupaten Wonosobo dan Bojonegoro. Beberapa waktu lalu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan, bahwa HAM harus dimulai dari daerah," terang Cahyo kepada peserta rapat.

Ditambahkan, bahwa kondisi bangsa kita sudah sangat memprihatinkan. Namun, banyak daerah yang ternyata mampu membawa kesejukan dalam kehidupan bermasyarakat. Ada tiga hal penting yang diingatkan Cahyo, yakni penjaminan, perlindungan dan perhormatan adalah hal utama dalam HAM.

"Dalam festival HAM nanti Komisi Nasional HAM akan terlibat dan mensupport. HAM itu bukan tugas pemerintah, namun kita semua," imbuhnya.

Selain itu, festival ini merupakan ruang yang menunjukkan bahwa Bojonegoro mempunyai kegiatan yang inovatif. Serta HAM ini harus berkesan gembira dan inspiratif, sehingga harus memastikan bahwa Pancasila menjadi rujukan pelaksanaan HAM. "Dalam Festival HAM ini tak hanya pameran, namun lebih dari itu memberikan pemahaman tentang pancasila dalam kehidupan sehari-hari," papar Cahyo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Moeljono menyatakan, tema yang akan diusung di festival HAM nantinya adalah merayakan praktek pancasila di tingkat lokal. Acara ini merupakan kerjasama antara Kementeria Hukum dan HAM, Infid dan Pusdakota bersama Pemerintah.

"Festival ini berskala nasional, dan diperkirakan tamu yang akan datang setiap harinya mencapai 400 orang dari seluruh Indonesia. Sehingga dalam rapat ini juga membahas tentang kesiapan stakeholder seperti perhotelan dan beberapa stakeholder lain yang terkait. Oleh karenanya dibutuhkan dukungan semua pihak untuk kesuksesan acara festival HAM nanti," tuturnya.

Seperti diketahui, dalam rapat persiapan festival HAM dibuka Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono, serta diikuti stakeholder lainnya seperti BUMN, perbankan, perhotelan, BUMD dan lintas sektoral lainnya di Kabupaten Bojonegoro. [zid/mu]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar