Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Minggu, 25 September 2016

Larung Sesaji Awali Proses Pemberangkatan Perahu Hias

Minggu, 25 September 2016 12:00:30 Larung Sesaji Awali Proses Pemberangkatan Perahu Hias
Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com -
Acara umbul dungo dilaksanakan di Pendopo Pemkab Bojonegoro sebelum pemberangkatan perahu hias. Hal itu dilakukan agar acara berjalan lancar serta bisa membawa keberkahan hidup warga Bojonegoro menjadi lebih baik.

Baca juga: [Area Bendungan Gerak Dipadati Ratusan Warga]
Sementara itu, sekitar pukul 11.00 WIB, peserta dan tamu undangan yang sudah datang di lokasi melaksanakan prosesi larung sesaji. Ritual ini merupakan sajian untuk warisan leluhur dengan menggunakan barang atau simbol secara simbolik seperti kepala kambing, sekul kabuli, takir plontang, dan kambing kendil.

Menurut Bupati Bojonegoro, Suyoto, larung sesaji menjelaskan bahwa Bengawan Solo merupakan bagian dari masyarakat di Kabupaten Bojonegoro.

"Kalau Bengawan Solo rusak maka peradaban juga ikut rusak. Tidak akan ada Kota Bojonegoro jika tidak ada Bengawan solo," ungkapnya di hadapan ratusan warga yang menyaksikan prosesi larung sesaji.

Prosesi dilakukan dengan menaburkan bunga, menyalakan dupa wangi kemudian sesaji dihanyutkan di Bengawan Solo. Ratusan warga yang menyaksikan turun antusias, mereka juga tampak berebut untuk bisa mengambil gambar saat prosesi. [ifa/lis]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar