Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Senin, 16 Mei 2016

15 Kecamatan Manfaatkan Bengawan Solo untuk Hidup

Senin, 16 Mei 2016 17:00:2315 Kecamatan Manfaatkan Bengawan Solo untuk Hidup
Reporter: Muhamad Fatoni

blokBojonegoro.com - Yayasan Pengalasan Songo dan LBH Blok Cepu hari ini menggelar diskusi tentang Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo Bojonegoro, Senin (16/5/2016). Diskusi berlangsung di Hotel Layung, Desa Panjunan, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan diselenggarakannya diskusi tersebut untuk mengetahui segala bentuk permasalahan lingkungan hidup di sekitar DAS Bengawan Solo di Bojonegoro.

Menurut Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Blok Cepu, Putut Wibowo, DAS Bengawan Solo merupakan salah satu bagian penting bagi kehidupan masyarakat Bojonegoro. “Sebab, 15 dari 28 kecamatan di Bojonegoro memanfaatkan air sungai sebagai sumber kehidupan,” ujarnya kepada blokBojonegoro.com di sela diskusi.

Terjadinya problematika kelestarian lingkungan hidup di DAS Bengawan Solo Bojonegoro, kata Putut, karena minimnya kapasitas, partisipasi masyarakat, untuk menjadi pendorong lahirnya kebijakan, pengawas implementasi tata kelola, serta peran aktif dalam pelestarian lingkungan.

“Artinya, berbagai program pemerintah yang ditujukan untuk pelibatan aktif masyarakat belum maksimal. Sehingga, kesadaran diri untuk menjaga lingkungan tidak ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Anam Warsito, anggota Komisi A DPRD Bojonegoro, yang hadir pada kesempatan tersebut menuturkan, pembahasan tersebut menjadi sangat penting. “Ini mengingat kerusakan DAS Bengawan Solo di wilayah setempat semakin parah,” tuturnya.

Diakuinya, selama ini masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo memanfaatkan air sungai untuk hidup. “Salah satunya memanfaatkannya untuk irigasi pertanian,” imbuh Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Diskusi tersebut mengundang komunitas pemuda sekitar DAS Bengawan Solo dari Kecamatan Margomulyo-Boureno, komunitas perempuan, lingkungan, petani, keagaamaan dan komunitas sosial lain. [oni/lis]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar