Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Senin, 22 Agustus 2016

Ratusan Warga Dilatih Membuat Pakan Ternak Alternatif

Senin, 22 Agustus 2016 18:00:00 Ratusan Warga Dilatih Membuat Pakan Ternak Alternatif
Reporter: Muhamad Fatoni

blokBojonegoro.com - Ratusan warga Desa Mojodelik, Gayam, Bonorejo, dan Brabowan hari ini mendapat penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif, Senin (22/8/2016).

Warga pemilik sapi tersebut diajari bagaimana membuat amoniasi jerami, silase, dan fermentasi oleh Yayasan Bina Mandiri Lestari (Bimantari) dengan dukungan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Dengan mempunyai keahlian membuat pakan alternatif ini, peternak bisa menghemat biaya, waktu dan tenaga," tutur Muhammad Ja'i, Direktur Kandang Belajar Sapi Rakyat (KBSR) sekaligus trainer dalam pelatihan itu.

Ja'i menjelaskan, dengan hanya satu tong rumput atau jerami, peternak bisa memberi makan sapi hingga tujuh hari. Semakin lama disimpan, lanjut dia, semakin bagus kandungan nutrisi jerami tersebut.

"Artinya, sapi lebih sehat, pemiliknya juga bisa melakukan kegiatan lain dengan tenang," cetusnya.

Dalam pelatihan itu, Marimun, warga Dusun Keket Desa Mojodelik, terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan. Berbagai pertanyaan soal pemeliharaan sapi dia lontarkan.

"Bagaimana cara mendapatkan bahan campuran bakteri untuk jerami ini?" tanyanya kepada tim trainer Yayasan Bimantari, yayasan pengelola KBSR.

Pertanyaan-pertanyaan warga dijawab dengan rinci oleh trainer.

Marimun merasa puas dengan pelatihan ini. Dia dan warga Mojodelik lainnya mengaku mendapat pengetahuan baru dari pelatihan yang dilaksanakan tiga hari sejak sabtu lalu itu.

"Pelatihan semacam ini yang kita butuhkan," ucapnya berharap. [oni/mu]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar