Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Kamis, 19 Oktober 2017

Warga Jangan Panik, Gempa Langsung Diteliti

Kamis, 19 October 2017 12:00:18
Gempa Guncang Bojonegoro dan Tuban

Warga Jangan Panik, Gempa Langsung Diteliti
Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Gempa bumi yang dirasakan oleh warga di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban sejauh ini baru tercatat sekali. Tepatnya sekitar pukul 10.49 WIB. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro berharap masyarakat tidak panik.

Kepada blokBojonegoro.com, Kamis (19/10/2017), Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo membenarkan adanya rilis tersebut. Bahkan, pihaknya segera menerjunkan tim TRC untuk mengecek sumber gempa.

"Sesuai analisa dengan menarik garis bintang, jika pusat gempa di sekitar air terjun yang ada di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban," tegasnya.

Koordinasi dengan BPBD Tuban juga telah dilakukan. Proses penelitian di sekitar asal gempa bumi melibatkan sejumlah elemen dan BPBD Tuban yang mempunyai wilayah. "Ikuti alur sesuai rilis BMKG itu," tegas Andik yang juga Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bojonegoro tersebut.

Sesuai dengan rilis BMKG menyebutkan, jika gempa tercatat 15 Km Timur Laut Bojonegoro dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter itu berpusat di darat, 15 km arah Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 km.

Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang. Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang. [ito/mu]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar