Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Selasa, 10 Oktober 2017

2017, 8 Ribu Pernikahan, Kemenag Masih Kurang Penghulu

Rabu, 11 October 2017 11:00:00

2017, 8 Ribu Pernikahan, Kemenag Masih Kurang Penghulu
Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Dari 27 Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Bojonegoro, hanya ada 22 penghulu atau petugas pencatat nikah, sehingga beberapa KUA menggunakan tenaga Jabatan Fungsional Umum (JFU) atau staf KUA untuk membantu kekosongan.

Namun jumlah 27 penghulu tersebut tidak serta mengisi di setiap KUA kecamatan, meskipun idealnya di setiap KUA harus memiliki 2 penghulu, namun hingga kini di setiap KUA hanya 1 penghulu, adapun kekurangan penghulu tersebut sudah terjadi sejak 2015.

Saat ditemui blokBojonegoro.com, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kemenag Bojonegoro, Masduki mengungkapkan, ada 9 kantor urusan agama yang hingga saat ini masih kekurangan penghulu, yakni KUA Kedewan, Kasiman, Ngraho, Margomulyo, Sekar, Ngambon, Malo, Bubulan, dan Gondang.

"Kekurangan penghulu sudah terjadi sejak 2015 lalu," tambahnya.

Padahal setiap tahun, pihaknya membuka peluang pendaftaran penghulu meskipun hanya di lingkup Kemenag Bojonegoro untuk mengisi jabatan tersebut, namun setiap tahunnya yang daftar tidak sampai 5 pendaftar atau bisa dihitung dengan jari. "Padahal tahun lalu sudah ada 2 penambahan penghulu," jelas Masduki saat ditemui blokBojonegoro.com di ruang kerjanya.

Saat disinggung minimnya minat pendaftar penghulu tersebut, dirinya tidak mengetahui secara pasti, namun yang jelas untuk bisa menjadi penghulu harus sudah menjadi PNS golongan III A. "Dan minimal lulusan strata satu (S-1)  Syariah," katanya.

Meski kekurangan tenaga penghulu, hal itu tidak menjadikan hambatan untuk setiap KUA di masing-masing kecamatan, oleh karenanya tenaga JFU tersebut turut dimaksimalkan kinerjanya dalam membantu dan melayani kebutuhan yang ada, sehingga kinerja di setiap KUA tetep bisa bejalan dengan maksimal.

"Karena tiap tahun angka pernikahan di Bojonegoro terus mengalami peningkatan, bahkan hingga bulan Oktober ini, angka pernikahan sudah mencapai 8 ribu lebih," tutup Masduki. [saf/mu]
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar