Happy Hello Kitty Kaoani

Tidak Diizinkan Klik Kanan Untuk Copy Paste !!!

Jumat, 27 Juli 2018

6 Cara Melancarkan Peredaran Darah Agar Tubuh Lebih Bugar

Sabtu, 28 Juli 2018 08:12:49

Aliran darah yang tidak lancar tak hanya menyebabkan vitalitas tubuh menurun tetapi juga menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Karenanya, ketahuilah cara melancarkan peredaran darah agar tubuh sehat dan berfungsi optimal.
Mengapa demikian? Peredaran darah yang baik akan mendukung pertumbuhan sel tubuh dan menjaganya berfungsi dengan baik. Selain itu, kondisi tersebut dapat membuatmu memiliki kulit yang sehat dan lebih bersinar, menjaga fungsi otak, membuat kamu tetap fokus serta berpikir jernih.

Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Dianjurkan

rutin jogging sebagai cara melancarkan peredaran darah

Rutin melakukan jogging dapat membantu memperlancar peredaran darah - YesDoc
Sirkulasi darah berfungsi untuk menyediakan suplai oksigen dan nutrisi bagi organ vital sehingga kita memiliki energi yang cukup. Untuk meningkatkan atau melancarkan peredaran darah, beberapa tindakan yang dianjurkan antara lain:

1. Rutin Melakukan Jogging

Salah satu manfaat olahraga jogging ternyata mendukung fungsi sistem kardiovaskular. Aktivitas ini akan membantu kesehatan sistem sirkulasi darah sekaligus memperlancarnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mendapatkan dan menggunakan oksigen lebih efektif.
Tubuh yang aktif juga akan membuat pembuluh darah melebar sehingga mampu menampung darah lebih banyak. Efek ini membuat tugas mereka lebih efisien. Juga dapat menjadikan otot-otot tubuh lebih mudah menerima oksigen dan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.
Konsultasi DokterBaBe
"Dok, saya sudah jarang sekali berolahraga. yang mau saya tanyakan, apakah berjalan kaki termasuk olahraga? jika iya, berjalan kaki selama berapa menit yang termasuk olahraga? terima kasih."

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga berat badan ideal ternyata penting untuk menjaga agar peredaran darah tetap dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, berat badan berlebih ternyata memililiki efek yang kurang baik untuk sistem peredaran darah seseorang.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan berlebih ternyata dapat menjadi melancarkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan kualitas aliran darah.
Pasalnya, para relawan dalam penelitian ini mengalami kenaikan level hormon adiponektin. Hormon ini berperan dalam pengolahan glukosa dan lemak untuk menjadi energi.

minum teh sebagai cara melancarkan peredaran darah
Minum teh dapat membantu melancarkan aliran darah - YesDoc

3. Mengonsumsi Minyak Ikan

Beberapa ikan seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna merupakan sumber minyak ikan yang baik untuk mendukung sistem peredaran darah. Ikan tersebut mengandung minyak yang kaya akan asam lemak omega-3.
Berdasarkan salah satu studi, senyawa ini penting bagi kesehatan dan mampu meningkatkan kualitas sistem peredaran darah. Bagi mereka yang vegetarian, senyawa ini bisa diperoleh dari sayur Kale. Sementara bagi yang tidak bisa mengonsumsinya, suplemen omega-3 bisa menjadi solusinya.

4. Minum Teh

Ada beberapa studi yang bisa jadi rujukan untuk mendukung pernyataan bahwa minum teh dapat dijadikan salah satu cara melancarkan peredaran darah. Studi pertama mengatakan teh berguna untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah.
Sebagaimana kita tahu, pembuluh darah yang sehat merupakan syarat untuk memiliki sirkulasi darah yang baik.
Studi lain menemukan bahwa diet teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit jantung koroner. Kedua manfaat tersebut bisa terjadi mengingat teh baik hijau ataupun hitam memiliki kandungan antioksidan.
Senyawa inilah yang dianggap mampu mendukung kesehatan sistem kardiovaskular dan meningkatkan peredaran darah.

yoga sebagai cara melancarkan peredaran darah
Berlatih yoga dapat membantu kamu memperlancar sirkulasi darah - YesDoc

7. Berlatih Yoga

Yoga juga merupakan cara melancarkan peredaran darah yang baik untuk dilakukan. Aneka gerakan dalam olahraga ini dapat membuat pembuluh darah vena menegang dan mengendur.
Jika kedua hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, semakin lama sistem sirkulasi darah akan kian membaik. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 yang juga menemukan bukti bahwa yoga bermanfaat untuk sistem metabolisme seseorang.

6. Menjaga Kadar Normal Zat Besi dalam Darah

Salah satu mineral yang penting untuk menjaga sistem peredaran darah berfungsi optimal adalah zat besi. Senyawa ini dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, salah satu komponen utama sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen.
Hanya saja kamu tetap perlu berhati-hati, terlalu banyak zat besi dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Sebuah studi menyatakan bahwa kadar zat besi yang terlalu tinggi berbahaya bagi mereka juga memiliki kadar kolesterol tinggi dan ukuran lingkar pinggang yang melebihi normal.

Meski telah menerapkan paham bagaimana cara melancarkan peredaran darah di atas, jangan lupa untuk selalu mewaspadai gangguan yang mungkin timbul. Salah satunya adalah mengenal dengan baik apa saja tanda-tanda gangguan pada sistem sirkulasi darah.
Tanda-tanda bahwa sistem sirkulasi tidak lagi prima antara lain munculnya kesemutan pada tangan dan kaki, anggota badan seperti jari tangan dan kaki terasa dingin, kulit berwarna pucat atau kebiruan, dan luka lebih lama sembuh. Segera konsultasikan dengan dokter untuk menangani gangguan peredaran darah tersebut!
Comments
0 Comments
1458674257781522/' property='fb:admins'/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar